Lakukan 4 Hal ini Jika Paket Tak Kunjung Sampai?


Setelah melakukan pesanan dari marketplace atau online shop biasanya pembeli kerap menantikan kiriman paket tiba. Bahkan penantian paket tiba disertai dengan rasa yang mendebarkan, terutama jika paket yang dipesan adalah produk dengan harga yang cukup mahal. Belum lagi jika paket yang sedang dalam perjalanan adalah barang yang harus segera digunakan.

Jika tak kunjung sampai, rasanya sangat mengkhawatirkan kan? Apalagi kalau ternyata paket yang Anda tunggu statusnya sudah sampai padahal belum diterima.

Jika kasus ini menimpa Anda maka segera lakukan sesuatu untuk memastikan keberadaan paket yang dinantikan.

Nah, untuk mengetahui paket yang tak kunjung tiba, lakukan beberapa hal di bawah ini :

1. Cek Lagi Alamat Pengiriman

Cek kembali alamat pengiriman yang sudah dicantumkan sebelumnya. Pastikan alamat yang dicantumkan sudah benar sesuai dengan nama jalan, nomor rumah, kelurahan, hingga kode pos. Semakin jelas alamat yang tercantum, maka semakin kecil kemungkinan paket Anda nyasar.

2. Cek Lagi Data Penerima

Selain memastikan alamat, pastikan penerima dicantumkan secara jelas. Bisa jadi paket Anda tak kunjung sampai karena data penerima yang diberikan sebelumnya kurang dimengerti, sehingga paket tidak sampai kepada orang yang tepat. Sebaiknya cantumkan nomor penerima yang bisa dihubungi agar mempermudah kurir untuk menghubungi penerima jika paket sudah tiba di lokasi.

3. Cek Nomor Resi

Kalau paket sudah jelas dikirim tapi tak sampai ke tujuan, Anda bisa cek nomor resi untuk mengetahui keberadaan paket. Dengan nomor resi akan membantu Anda memastikan apakah paket tersebut sudah sampai atau belum kepada penerima.

Nomor resi bisa dilacak melalui website penyedia layanan ekspedisi seperti JTL Express. Website tersebut nantinya akan menampilkan status paket sampai dimana. Jika sudah diterima, maka akan diinfokan pula siapa penerimanya.

4 Hubungi Pihak Logistik

Hubungi pihak logistik untuk mengetahui mengapa paket tak kunjung sampai. Biasanya jika masalah yang dihadapi cukup serius, Anda akan diarahkan untuk menggunakan email bantuan yang akan diberikan oleh pihak logistik agar bisa dijelaskan lebih rinci mengenai status pengiriman paket. Kalau sudah mencoba menghubungi pihak logistik, maka kamu hanya menunggu arahan bagaimana langkah selanjutnya.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan ketika paket yang Anda kirim tak kunjung sampai. Agar pengiriman paket Anda bisa lebih aman, gunakan JTL Express. Dengan JTL Express, Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada fitur cek resi untuk melacak keberadaan paket.

Semoga bermanfaat.