Shifting ke Dunia Digital untuk meningkatkan penjualan.


Pandemi Covid-19 berdampak pada perekonomian di Indonesia, tak terkecuali pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Data Kementerian Koperasi dan UKM mengungkap, lebih dari 300.000 pelaku UMKM yang terpukul akibat Covid-19. Salah satu yang bisa membuat mereka bertahan adalah shifting ke digital.

Brand lokal yang berhasil shifting ke dunia digital mengalami peningkatan penjualan. Bahkan kenaikan transaksi di masa Harbolnas seperti 12.12 mencapai 300 persen didominasi fasion dan kosmetik.

Untuk memunculkan usahamu ke dunia digital sebenarnya sangat mudah dan murah. Bayangkan untuk berjualan offline di 5 kota, anda perlu menyewa 5 tempat usaha, belum lagi mempersiapkan stok dan karyawannya. Sedangkan di dunia digital untuk mempunyai akun di social media dan di ecommerse yang bisa menjangkau semua orang secara global semua bisa anda lakukan secara gratis.

Untuk shifting ke dunia digital anda hanya perlu punya akun di semua channel online dan rajin – rajin upload jualan anda supaya produk anda dapat menjangkau banyak orang. Ada banyak tutorial gratis tentang tehnik sukses jualan online yang bisa didapatkan pada artikel dan video di internet secara gratis pula. Kalau usaha anda sudah besar anda bisa mencari jasa Digital Marketing yang bisa membantu usaha anda untuk shifting ke dunia digital.

Semakin berkembangnya dan banyaknya pelaku usaha yang mulai shifting di dunia online maka semakin banyak pula jasa ekspedisi pengiriman. Seperti jasa pengiriman JTL Express yang sudah mulai ikut meramaikan jasa pengiriman express di Indonensia. JTL Express yang baru berdiri tahun 2021 sudah dipercaya oleh puluhan ribu pelanggan karena cabangnya yang sudah ada hampir di seluruh kota di Indonesia.